Skip to main content

Karburator Vakum Rasa Konvensional (Byson)

     Assallamuallaium..
Khusu pengguna "KEBO" yamaha byson, yg sering ngadat di bangjo (lampu merah), tarikan awal brebet, udah dibersihin karbunya paling sembuh2 2-3 hari kumat lagi dan terjadi lagi? :D hahaha
    Mucnulnya ide dari penyakitnya karbu byson sendiri yang menggunakan sistem vakum pada skep'nya,. karbu vakum pada byson selain keunggulannya lebih hemat pada konsumsi bahan bakar namun mempunyai sisi kelemahan yaitu saat karet vakum udah kaku biasanya ditandai dengan tarikan gas yang telat atau brebet pada awalan, hal ini terjadi karena saat sirip sudah membuka skep belum pada posisi membuka atau skep butuh dorongan udara yang cukup kuat untuk terdorong ke atas dikarenakan karet vakum sendiri tingkat keelastisitasnya sudah rendah / kaku, disisi lain kebocoran / robek pada karet vakum juga sangat berpengaruh. untuk membeli karet vakumnya sendiri yang original dari yamaha juga tidak cukup murah, karenanya saya mencari solusi dengan tanpa mengganti karet vakum atau mengganti karbunya, untuk motor byson sendiri saya lebih suka memakai karbu vakum karena konsumsi bahan bakar yang lebih hemat.

Nah langsung aja ke pembahasan, basa - basinya cukup ntar jadi curhat klo kebanyakan :D (jskid)
Singkat, padat, jelas dan Simple aja pembahasannya ya ^_^
  kenapa diberi nama "Karburator Vakum Rasa konvensional" karena karbunya sendiri menggunakan karburator vakum namun penggerakan skepnya sperti sistem karbu konvensional yaitu menggunakan kabel baja. jadi ga ada kata skep telat lagi gara2 karet vakum yang udah kaku.
Alat dan Bahan:

  1.  Solder + patri, gunting
  2. benang jahit + lem G
  3. Kabel gas GL neotek
  4. Setelan rem speda
Langkah kerja:

  1.  Lubangi tutup karet vakum karbu seukuran pas dimasukkin setelan rem speda yg nantinya sebagai setelan panjang pendeknya kabel skep.
  2. Masukkan cabang 1 kabel gas GL neotec dari atas (tutup vakum > pegas skep > lubang skep) pada skep ada dua lubang, masukkin kawat pada salah satunya kemudian di patri atau menggunakan benang yg dililitkan dan dilem juga bisa.
  3. Pasang tutup vakum dan pasang kabel gas cabang yg ke dua ke tuas platuk gas aslinya.
  4. Pasang ujung kabel gas ke tuas gas di stang, usahakan kabel gas tidak terlalu banyak belokan menuju karburator (bebas hambatan) agar tarikannya gk berat.
  5. langkah terakhir setel panjang pendek kabel vakum dan kabel gas platuk, usahakan penyetelan kabel pada tuas sirip gas untuk membuka terlebih dahulu sebelum skep.
Hasil akhir:
Kelebihan karbu vakum rasa konvensional (menurut saya) :)
  1. Tidak ada  kata mbrebet lagi gara2 skep telat atau macet ataupun karet keras karna skep digerakkan manual menggunakan kabel gas
  2. Akselerasi lebih cepat / tidak lemot
  3. konsumsi bahan bakar dan udara lebih padat
  4. lebih bertenaga pada tanjakkan 
catatan: ketepatan akselerasi  tergantung pada ketepatan penyetelan gerak antara tuas gas dan skep

selamat mencoba, smoga sukses, mari berkreasi
salam seruduk
AA O12 F wonosobo
idea: bersama fengki Bijak
thanks wassalam ;)

Comments

  1. Untuk lubang depan yg menuju vakum ditutup gak?

    ReplyDelete
  2. Kasi foto dan dari alat setelan rem sepeda dong gan

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

DATSUN REDI-GO Mobil Mini Murah

Setelah Mobil DATSUN GO CROSS disusul lagi produksi terbaru dari Datsun yaitu “ REDI-GO ” yang akhirnya resmi diperkenalkan di India beberapa minggu yang lalu. Mobil ini menawarkan desain sport dengan lekukan bodi yang terlihat modern. Bahkan desainnya tak terkesan murahan, walaupun sebenarnya harga mobil Datsun Redi Go sangat murah. Datsun harus bersaing melawan pabrikan mobil ternama, seperti Hyundai, Suzuki, Renault, dan Tata yang sekarang ini menjadi pemain utama di industri mobil murah negeri Bollywod.   Harga mobil di India memang lebih murah dibandingkan di Indonesia. Bahkan kita bisa membeli mobil Tata Nano dengan harga sekitar Rp. 32 Jutaan. Walaupun harga Datsun Redi Go lebih mahal dibandingkan Tata Nano, namun mobil ini menawarkan desain lebih sporty, dan didukung mesin berkapasitas 0.8 liter yang membuatnya bertenaga, dan tetap hemat BBM. Kabarnya mobil ini dirancang secara khusus dengan memakai platform CMF-A yang dimiliki Renault-Nissan Alliance, s

Wow! Toyota tak mau kalah segera keluarkan Toyota Avanza Tigre

  Toyota Avanza Tigre. Foto paultan.com Wow! Setelah Mitsubishi memunculkan teaser sosok versi produksi dari MPV terbarunya, Toyota tak mau kalah saing karena Sontak, media-media nasional langsung menjulukinya ‘sang pembunuh Avanza’. Apalagi, sudah terlalu banyak ‘rencana pembunuhan’ terhadap Avanza dari para kompetitornya, mulai dari Honda Mobilio, juga Suzuki Ertiga, dan belum ada satupun yang berhasil sampai hari ini. Tapi nyatanya, Toyota tidak bergeming. Mungkin merasa Avanza terlalu kuat untuk ditaklukkan para pesaing disegmennya. Apalagi, diam-diam Toyota masih punya senjata yang nantinya bisa digunakan untuk melumpuhkan MPV Mitsubishi–mungkin sejak hari lahirnya. Toyota Avanza Tigre di GIIAS 2016/Ilustrasi Adalah suatu Avanza Tigre! Ya, memang belum ada keterangan resmi kapan mobil ini akan diluncurkan. Toh, Toyota sepertinya tidak juga perlu buru-buru, karena memang model Tigre ini disiapkan untuk melawan siapa saja lawannya. Kalau model standarnya s