Skip to main content

Apakah Tahun 2018 Honda C70 Benar Akan Dibangkitkan lagi di Aspal Indonesia? mari simak lebih detail.

Untuk Penggemar Classic Style, Kabarnya Honda siap menjual motor terbaru mereka bernama Honda EV-Cub secara global pada tahun 2018 mendatang. Yang menarik motor unik tersebut juga akan masuk Indonesia, Untuk itulah saat ini Honda masih terus melakukan pengembangan agar bisa menekan biaya pada motor.
Image result for Honda EV-Cub 
image by pautan.org 
Seperti yang disampaikan oleh Shinji Aoyama selaku Chief Operating Officer of Motorcycle Operations
Honda Motor CO. Ltd Memang seklias bentuk menyerupai Honda C70 namun dengan style yang sangat modern tanpa menghilangkan ciri khas klasiknya, namun motor ini menggunakan hara baterai  yang sangat berpengaruh sekali terhadap penetapan harga jual motor. Jika benar-benar masuk ke Indonesia pada 2018 mendatang bakal menjadi sejarah bagi Honda karena baru kali ini memiliki motor listrik untuk pasar tanah air.

Image result for Honda EV-CubImage result for Honda EV-Cub 
image by google 

“Rencana 2018 sudah bisa masuk Indonesia. Namun tidak mudah untuk menjual motor listrik karena harganya terlalu tinggi dan tidak terjangkau bagi semua orang. Harga dari baterai merupakan kunci untuk mengurangi biaya produksi. Ini yang sedang kami lakukan,” jelas Shinji.
Dirinya memberikan contoh bahwa biaya baterai untuk penggunaan motor listrik bertenaga 1.000 kWH diperkirakan banderolnya bisa mencapai USD 700 sampai USD 800 atau jika dirupiahkan setara dengan Rp 9,1 jutaan. Angka tersebut baru hanya sebatas harga baterai saja dan belum komponen-komponen lainnya. Inilah yang membuat harga motor listrik terbilang cukup mahal.
Untuk menekan biaya dari baterai tersebut Shinji saat ini tengah melakukan kerjasama dengan pabrikan baterai lain. Hal tersebut dikarenakan baterai Lithium tidak diproduksi oleh banyak negara dan hanya negara-negara besar saja seperti Jepang, China dan Korea.

Image result for Honda EV-Cub 
google image
 
Sedikit informasi mengenai Honda EV-Cub merupakan sepeda motor listrik yang sempat dipamerkan dalam ajang tokyo Motor Show 2015 lalu. Bahkan motor ini pernah dipajang pula di Universitas Indonesia (UI) bersamaan dengan gelaran diskusi berjudul ‘Potential of Electric vehicle as an Alternative Mobility Solution’ yang berlangsung di Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat.
Sementara itu Fumihiko Ike selaku chairman Honda Motor mengungkapkan pihaknya akan selalu mengupayakan sepeda motor yang memiliki konsep lebih nyaman digunakan untuk semua kalangan dan ekonomis. Dirinya menambahkan sebagai produk baru Honda EV-Cub sudah dilakukan berbagai penelitian untuk melihat peluang kehadirannya secara global.
Selain itu menurut Ike perhatian dari motor listrik ini tertuju dari pengisian baterai dimana untuk kedepannya bisa langsung dilakukan pengecesan pada stop kontak rumah atau alat listrik rumah tangga lainnya sehingga tidak perlu membutuhkan stasiun pengisian khusus yang pastinya harus membutuhkan biaya lebih besar untuk membuat infrastruktur tersebut.
Image result for Honda EV-Cub 
Honda EV-Cub sendiri sebenarnya sudah cukup lama diperkenalkan yaitu pada tahun 2009 silam dalam bentuk konsep.  Sedangkan untuk yang siap diproduksi secara massal ini tidak terlalu banyak mengalami perubahan dimana ciri khas gaya klasik masih melekat pada motor ini seperti lampu bulat, spion bulat dan bodi mungil dengan kombinasi warna unik yaitu putih dan merah.
Yang menarik jika sudah resmi meluncur di Indonesia Honda EV-Cub akan bersaing dengan beberapa motor listrik lain seperti zero motor cycle yang sudah lebih dulu mengaspal, kemudian ada juga skuter listrik buatan Garansindo dan ITS serta yang terakhir ada merek lokal bernama Selis Merak yang terkenal memiliki harga cukup murah yaitu cuma Rp 20 jutaan.



Sayangnya sampai saat ini belum ada upaya positif dari pemerintah untuk mendukung perkembangan kendaraan berteknologi listrik di Indonesia. Padahal dengan semakin berkembangnya motor dan mobil listrik maka ketergantungan terhadap penggunaan bahan bakar bisa semakin berkurang.

Comments

Popular posts from this blog

Karburator Vakum Rasa Konvensional (Byson)

     Assallamuallaium.. Khusu pengguna "KEBO" yamaha byson, yg sering ngadat di bangjo (lampu merah), tarikan awal brebet, udah dibersihin karbunya paling sembuh2 2-3 hari kumat lagi dan terjadi lagi? :D hahaha     Mucnulnya ide dari penyakitnya karbu byson sendiri yang menggunakan sistem vakum pada skep'nya,. karbu vakum pada byson selain keunggulannya lebih hemat pada konsumsi bahan bakar namun mempunyai sisi kelemahan yaitu saat karet vakum udah kaku biasanya ditandai dengan tarikan gas yang telat atau brebet pada awalan, hal ini terjadi karena saat sirip sudah membuka skep belum pada posisi membuka atau skep butuh dorongan udara yang cukup kuat untuk terdorong ke atas dikarenakan karet vakum sendiri tingkat keelastisitasnya sudah rendah / kaku, disisi lain kebocoran / robek pada karet vakum juga sangat berpengaruh. untuk membeli karet vakumnya sendiri yang original dari yamaha juga tidak cukup murah, karenanya saya mencari solusi dengan tanpa mengganti karet vak

DATSUN REDI-GO Mobil Mini Murah

Setelah Mobil DATSUN GO CROSS disusul lagi produksi terbaru dari Datsun yaitu “ REDI-GO ” yang akhirnya resmi diperkenalkan di India beberapa minggu yang lalu. Mobil ini menawarkan desain sport dengan lekukan bodi yang terlihat modern. Bahkan desainnya tak terkesan murahan, walaupun sebenarnya harga mobil Datsun Redi Go sangat murah. Datsun harus bersaing melawan pabrikan mobil ternama, seperti Hyundai, Suzuki, Renault, dan Tata yang sekarang ini menjadi pemain utama di industri mobil murah negeri Bollywod.   Harga mobil di India memang lebih murah dibandingkan di Indonesia. Bahkan kita bisa membeli mobil Tata Nano dengan harga sekitar Rp. 32 Jutaan. Walaupun harga Datsun Redi Go lebih mahal dibandingkan Tata Nano, namun mobil ini menawarkan desain lebih sporty, dan didukung mesin berkapasitas 0.8 liter yang membuatnya bertenaga, dan tetap hemat BBM. Kabarnya mobil ini dirancang secara khusus dengan memakai platform CMF-A yang dimiliki Renault-Nissan Alliance, s

Wow! Toyota tak mau kalah segera keluarkan Toyota Avanza Tigre

  Toyota Avanza Tigre. Foto paultan.com Wow! Setelah Mitsubishi memunculkan teaser sosok versi produksi dari MPV terbarunya, Toyota tak mau kalah saing karena Sontak, media-media nasional langsung menjulukinya ‘sang pembunuh Avanza’. Apalagi, sudah terlalu banyak ‘rencana pembunuhan’ terhadap Avanza dari para kompetitornya, mulai dari Honda Mobilio, juga Suzuki Ertiga, dan belum ada satupun yang berhasil sampai hari ini. Tapi nyatanya, Toyota tidak bergeming. Mungkin merasa Avanza terlalu kuat untuk ditaklukkan para pesaing disegmennya. Apalagi, diam-diam Toyota masih punya senjata yang nantinya bisa digunakan untuk melumpuhkan MPV Mitsubishi–mungkin sejak hari lahirnya. Toyota Avanza Tigre di GIIAS 2016/Ilustrasi Adalah suatu Avanza Tigre! Ya, memang belum ada keterangan resmi kapan mobil ini akan diluncurkan. Toh, Toyota sepertinya tidak juga perlu buru-buru, karena memang model Tigre ini disiapkan untuk melawan siapa saja lawannya. Kalau model standarnya s