Skip to main content

Uji Tabrak Bajaj Qute Hanya Mendapat Bintang Satu dari Euro NCAP. Amankah?

Related image 

Baru-baru ini, Euro NCAP (New Car Assessment Program) melakukan uji tabrak sebuah mobil terbaru buatan Bajaj, yakni Qute. Hasilnya, mobil mungil itu mendapat peringkat satu bintang (dari total lima bintang)
Image result for bajaj qute indonesia tidak lolos uji

Hasil tersebut rupanya membuat Bajaj puas. Dilansir dari Rushlane, Senin, 11 April 2017, perusahaan asal India tersebut bahkan menjadikan hasil uji tabrak sebagai promosi produk tersebut. Bajaj bahkan mengklaim, Qute lebih aman dibanding mobil lain yang mendapat nilai nol, di antaranya Maruti Alto dan Tata Nano. - VIVA.co.id. sedang Euro NCAP sendiri dibentuk untuk membuat standar keamanan kendaraan roda empat. Oleh mereka, mobil-mobil keluaran terbaru diuji tabrak, demi mengetahui kemampuan mobil dalam melindungi penumpangnya.
Image result for bajaj qute indonesia tidak lolos uji
image by detik.com
Langkah Bajaj tersebut langsung mendapat kritik dari Euro NCAP. Mereka bahkan melayangkan kritikan ke Bajaj dalam bentuk surat, yang dikirim langsung ke Managing Director Bajaj Auto Rajiv Bajaj.
Dalam surat tersebut, Euro NCAP juga menyertakan informasi, pengujian Qute tidak bisa disamakan dengan pengujian mobil pada umumnya. Sebab, kecepatan yang digunakan untuk menguji Qute hanya 50 kilometer per jam, sementara mobil lain 64 kilometer per jam.

Selain itu, ada beberapa parameter lain yang berbeda, sehingga skor satu bintang milik Qute tidak sama dengan satu bintang pada mobil biasa. Mereka juga menyarankan Bajaj untuk melengkapi Qute dengan sabuk pengaman yang dilengkapi dengan pretensioner dan kantung udara.
Sekadar informasi, Qute adalah mobil buatan Bajaj yang berukuran mungil, mirip dengan Tata Nano. Mesin yang digunakan berkapasitas 217cc, dan mampu menghasilkan tenaga 13 daya kuda dan torsi 19,6 Newton meter.

Baca Juga: Spesifikasi Bajaj Qute
 
Kecepatan maksimalnya 70 kilometer per jam, dan mobil ini mengonsumsi bahan bakar sebanyak satu liter tiap 36 kilometer. Harga jual Qute adalah US$2.000, atau sekitar Rp26,2 juta.

Comments

Popular posts from this blog

Karburator Vakum Rasa Konvensional (Byson)

     Assallamuallaium.. Khusu pengguna "KEBO" yamaha byson, yg sering ngadat di bangjo (lampu merah), tarikan awal brebet, udah dibersihin karbunya paling sembuh2 2-3 hari kumat lagi dan terjadi lagi? :D hahaha     Mucnulnya ide dari penyakitnya karbu byson sendiri yang menggunakan sistem vakum pada skep'nya,. karbu vakum pada byson selain keunggulannya lebih hemat pada konsumsi bahan bakar namun mempunyai sisi kelemahan yaitu saat karet vakum udah kaku biasanya ditandai dengan tarikan gas yang telat atau brebet pada awalan, hal ini terjadi karena saat sirip sudah membuka skep belum pada posisi membuka atau skep butuh dorongan udara yang cukup kuat untuk terdorong ke atas dikarenakan karet vakum sendiri tingkat keelastisitasnya sudah rendah / kaku, disisi lain kebocoran / robek pada karet vakum juga sangat berpengaruh. untuk membeli karet vakumnya sendiri yang original dari yamaha juga tidak cukup murah, karenanya saya mencari solusi dengan tanpa mengganti karet vak

DATSUN REDI-GO Mobil Mini Murah

Setelah Mobil DATSUN GO CROSS disusul lagi produksi terbaru dari Datsun yaitu “ REDI-GO ” yang akhirnya resmi diperkenalkan di India beberapa minggu yang lalu. Mobil ini menawarkan desain sport dengan lekukan bodi yang terlihat modern. Bahkan desainnya tak terkesan murahan, walaupun sebenarnya harga mobil Datsun Redi Go sangat murah. Datsun harus bersaing melawan pabrikan mobil ternama, seperti Hyundai, Suzuki, Renault, dan Tata yang sekarang ini menjadi pemain utama di industri mobil murah negeri Bollywod.   Harga mobil di India memang lebih murah dibandingkan di Indonesia. Bahkan kita bisa membeli mobil Tata Nano dengan harga sekitar Rp. 32 Jutaan. Walaupun harga Datsun Redi Go lebih mahal dibandingkan Tata Nano, namun mobil ini menawarkan desain lebih sporty, dan didukung mesin berkapasitas 0.8 liter yang membuatnya bertenaga, dan tetap hemat BBM. Kabarnya mobil ini dirancang secara khusus dengan memakai platform CMF-A yang dimiliki Renault-Nissan Alliance, s

Wow! Toyota tak mau kalah segera keluarkan Toyota Avanza Tigre

  Toyota Avanza Tigre. Foto paultan.com Wow! Setelah Mitsubishi memunculkan teaser sosok versi produksi dari MPV terbarunya, Toyota tak mau kalah saing karena Sontak, media-media nasional langsung menjulukinya ‘sang pembunuh Avanza’. Apalagi, sudah terlalu banyak ‘rencana pembunuhan’ terhadap Avanza dari para kompetitornya, mulai dari Honda Mobilio, juga Suzuki Ertiga, dan belum ada satupun yang berhasil sampai hari ini. Tapi nyatanya, Toyota tidak bergeming. Mungkin merasa Avanza terlalu kuat untuk ditaklukkan para pesaing disegmennya. Apalagi, diam-diam Toyota masih punya senjata yang nantinya bisa digunakan untuk melumpuhkan MPV Mitsubishi–mungkin sejak hari lahirnya. Toyota Avanza Tigre di GIIAS 2016/Ilustrasi Adalah suatu Avanza Tigre! Ya, memang belum ada keterangan resmi kapan mobil ini akan diluncurkan. Toh, Toyota sepertinya tidak juga perlu buru-buru, karena memang model Tigre ini disiapkan untuk melawan siapa saja lawannya. Kalau model standarnya s